Breaking News

STEI Al - Ishlah Cirebon Usung KKM dengan Tema Pengembangan Ekonomi Syariah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat

SYARIAHPEDIA.COM - Cirebon (2/8), Kampus STEI Al - Ishlah melalui LPPM resmi membuka agenda Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) tahun 2021 di Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka. Agenda pembukaan dilakukan secara daring yang diikuti oleh seluruh mahasiswa peserta KKM dari kantor desa lokasi KKM masing-masing, serta tamu undangan dari pemerintah daerah kabupaten Majalengka dan Kecamatan Sindangwangi.

KKM STEI Al - Ishlah tahun 2021 diikuti oleh 79 Mahasiswa tingkat akhir dari tiga prodi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Manajemen Bisnis Syariah, yang disebar di 10 desa di kecamatan Sindangwangi, Majalengka. Tema yang usung adalah "Pengembangan Ekonomi Syariah berbasis Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kampus Merdeka". 

Gustani, selaku ketua LPPM sekaligus ketua panitia KKM tahun 2021 menjelaskan bahwa program prioritas KKM STEI Al - Ishlah kali ini adalah pemberdayaan masyarakat berbasis potensi ekonomi desa. Yang mana desa di kecamatan Sindangwangi memiliki banyak potensi ekonomi yang dapat dikembangkan dengan skema Syariah seperti potensi wisata alam yang dapat dikembangkan dengan konsep wisata halal. 

Ketua STEI Al - Ishlah, Dr. Ahmad Khaliq, MA dalam sambutannya menegaskan bahwa konsep ekonomi syariah saat ini sedang menjadi tren global dan nasional saat ini, sehingga sangat relevan untuk diimplementasikan, termasuk pada level desa. Seperti konsep BUMDES berbasis Syariah yang dapat diterapkan di desa-desa. 

Sejalan dengan penjelasan sekretaris Camat Sindangwangi, Ibu Hj. Iyoh Sariah, S.Sos yang dalam sambutannya menyambut baik progam-program KKM dan menjelaskan beberapa potensi ekonomi masing-masing desa di kecamatan Sindangwangi, seperti kerajinan rotan, pertanian, pariwisata, perternakan, dan lainya yang dapat dijadikan sebagai objek dari KKM Mahasiswa STEI Al - Ishlah.

Pemda Kabupaten Majalengka menyambut baik kehadiran KKM STEI Al - Ishlah di kabupaten Majalengka dan berharap program yang dijalankan dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat. Bapak Wawan Sarwanto, ST., MH selaku Sekertaris BAPEDALITBANG menegaskan kepada mahasiswa agar dapat menjalankan program KKM dengan baik dan akan langsung mengevaluasi hasil akhir dari KKM ini, serta berharap hasil KKM dapat menjadi bahan masukan bagi pengembangan wilayah kabupaten Majalengka. 

Salah satu contoh program kerja KKM di desa Bantar Agung yang mengusung misi Pengelolaan Potensi Sumber Daya Alam Berbasis Human Resources For Sustainable Development Yang Selaras Dengan Konsep Syariah, membawa 2 program kerja priorotas yaitu Pemberdayaan Kelompok Tani (Poktan) berbasis Digital Marketing (Go public, Go digital) dan Sharing Season halal tourism in Hidden Paradise Bantar Agung Of Village.

KKM STEI Al - Ishlah akan dilaksanakan selama satu bulan dari tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2021. STEI Al - Ishlah Cirebon berdiri sejak tahun 2004 merupakan perguruan tinggi yang berlokasi di desa Bobos, Dukupuntang, Kab. Cirebon, menyelenggarakan pendidikan S1 dengan tiga program studi yaitu Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Manajemen Bisnis Syariah. Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dapat menghubungi saudari Daimatusukhet 081392880007 atau https://www.steialishlah.ac.id/

Post a Comment

0 Comments