Breaking News

7 Kampus Negeri Yang Buka Prodi Ekonomi Syariah

Syariahpedia - Ekonomi Islam atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan Ekonomi Syariah nampaknya semakin memikat banyak kalangan. Tak hanya memikat kalangan industri bisnis semata, tapi juga memikat dunia pendidikan. Hal ini cukup relevan dengan kebutuhan SDM yang semakin meningkat di industri bisnis syariah. 

Kalau di tahun 90-an sampai awal tahun 2000 masih tergolong sedikit kampus-kampus yang membuka program studi ekonomi syariah, kalaupun ada hanya kampus-kampus swasta atau kampus negeri yang dibawah kemenag, seperti UIN, IAIN, atau STAIN. 

Tapi beberapa tahun belakangan nampaknya ekonomi syariah mulai memikat kampus-kampus negeri atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tak heran, karena industri syariah sudah berkembang cukup pesat dan merambah banyak sektor, selain itu peminat/mahasiswa yang memilih jurusan ekonomi syariah juga semakin bertambah di setiap tahunnya. 

Bagi anda yang pengen kuliah ekonomi syariah tapi di Universitas Negeri terkenal dan terfavorit. Berikut ini 7 PTN favorit di Indonesia yang sudah membuka program studi ekonomi syariah. ke 6 PTN ini termasuk jajaran Top 10 kampus terbaik tahun 2016 versi Kemenristek.

1. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor

foto : flickr.com
Siapa sih yang ga kenal dengan kampus IPB. Kampus terbaik ke-3 tahun 2016 di Indonesia versi Kemenristek ini merupakan salah satu kampus terbaik. Walau kampus pertanian, tapi sejak tahun 2010 IPB membuka Program Studi Ekonomi Syariah. Prodi Ekonomi Syariah berada dibawah Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM). Peminatnya juga tergolong cukup banyak, SNMPTN tahun 2015 tercatat peminat prodi Ekonomi Syariah IPB mencapai 937 mahasiswa. Tahun 2016 IPB hanya menyediakan 85 kursi untuk prodi ekonomi syariah. Selain itu, lulusan IPB banyak juga yang jadi bankir lho, coba cek aja dirut-dirut bank di Indonesia, kebanyakan lulusan IPB. Tak heran ada yang mempelintir singkatan IPB jadi Institut Perbankan Bogor...hehe

2. Universitas Indonesia (UI), Depok

Gedung Rektorat Universitas Indonesia
(foto:flicker.com)
Tak mau ketinggalan dengan kampus lain, UI sebagai kampus ternama di Indonesia juga membuka program ekonomi syariah yang diberi nama Program Studi Ekonomi Islam dan Bisnis Islam dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Program ini dibuka sejak tahun 2013, dan hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50% dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

3. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya

Kampus yang terletak di Surabaya ini termasuk jajaran kampus top di Indonesia, tahun 2016 berada diposisi ke 8 dari 10 kampus terbaik versi Kemenristek. UNAIR termasuk kampus negeri yang terdepan dalam program pendidikan Ekonomi Islam. Program Studi Ekonomi Islam di UNIAR bahkan dibuka di tiga jenjang pendidikan yaitu S1, S2, dan S3.  Prodi Ekonomi Islam di UNAIR bahkan menjadi prodi favorit bersama program Kedokteran, karena peminatnya yang membeludak.

5. Universitas Brawijaya (UB), Malang

Universitas Brawijaya (UB) juga termasuk salah satu PTN yang sudah membuka program studi Ekonomi Islam. Prodi yang dibuka pada tahun 2011 ini bahkan sudah meraih Akreditasi A pada tahun 2014 dan menjadi Prodi Ekonomi Islam pertama di Indonesia yang meraih akreditasi A.

6. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung

foto : wikipedia.com
Universitas Padjadjaran (UNPAD) termasuk salah satu kampus terfavorit tanah air yang sudah menyandang universitas terakreditasi A. Kampus yang terletak di Bandung ini ternyata juga sudah menyelenggarakan program studi Ekonomi Islam sejak tahun 2014. Prodi Ekonomi Islam UNPAD berada dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Program Studi ini dilaksanakan pada jenjang sarjana (S1) dengan muatan sks sebanyak 145 sks dengan tiga konsentrasi yang ditawarkan, yaitu: Konsentrasi Perbankan Syariah, Konsentrasi Akuntansi Islami, dan Konsentrasi Ekonomi Pembangunan Islami.

6. Universitas Diponogoro (UNDIP), Semarang

Prodi Ekonomi Islam di UNDIP masih tergolong baru, karena baru dibuka pada tahun ajaran 2014/2015. Namun sebagai kampus favorit di Indonesia, prodi ekonomi Islam di UNDIP bisa jadi alternatif untuk studi S1 kamu.

7. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung

Prodi ekonomi syariah di kampus UPI bernama Prodi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam (IEKI) dibawah Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Dibuka pertama kali pada 06 November 2012. Pilihan jurusan ekonomi syariah di UPI sangat tepat bagi anda yang mau menjadi tenaga pengajar pelajaran ekonomi syariah di SMK/SMA.

Post a Comment

3 Comments

  1. Universitas Airlangga justru yang pertama kali buka, tahun 2006 kok malah tidak masuk. Padahal punya S1 Ekonomi ISlam, S2 Magister Sain Ekonomi ISlam, dan S3 Ilmu Ekonomi ISlam. Semuanya terakreditasi A dan hanya Unair yang bisa menerima beasiswa LPDP S2 dan S3 ekonomi Islam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada itu pak di nomor 3,,, terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat

      Delete
  2. Kurang Baca kek Bapak satunya diatas wkk padahal sudah sangat jelas. Good Luck buat penulis :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ! Semoga bermanfaat dalam menambah literasi ekonomi syariah