Breaking News

Tentang SYARIAHPEDIA.COM


SYARIAHPEDIA.COM adalah web literasi dan edukasi yang dikembangkan untuk memuat informasi dan wawasan seputar Ekonomi dan Keuangan Syariah yang berasal dari berbagai sumber dengan tujuan untuk mensosialisasikan ekonomi syariah ke semua kalangan.

Hadirnya web ini dilatari oleh beberapa kondisi paradoks diantaranya adalah :

  1. Indonesia adalah negara dengan pupulasi Muslim terbesar di dunia, namun pangsa pasar (market share) keuangan syariah di Indonesia belum bisa menyentuh 10%.
  2. Hasil survei OJK tahun 2016 tentang tingkat literasi dan inklusi  keuangan menunjukan tingkat literasi keuangan syariah lebih rendah dari tingkat inklusi keuangan syariah, 8% berbanding 11%. Artinya tingkat pemahaman masyarakat terhadap keuangan syariah masih rendah.
  3. Pemerintah Indonesia mulai terlihat serius mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah, terlihat dari Master Arsitektur Keuangan Syariah (MAKSI) dan Master Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) yang telah diluncurkan pada tahun 2019. Pemerintah berambisi ingin menjadi kekuatan ekonomi dan keuangan syariah globah di tahun 2024. Keseriusan ini dibuktikan dengan dibentuknya Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).
Atas beberapa pertimbangan tersebutlah SYARIAHPEDIA.COM hadir ingin ambil bagian dari pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. 

Sumber yang dijadikan rujukan dalam membuat postingan pada web ini diantaranya adalah:
  1. Kitab fiqh seperti kitab fiqh sunnah karya Sayyid Sabiq dan Kitab Fiqih Islami wa Adillatuhu Karangan DR Wahbah Zuhaili
  2. Buku-buku seputar ekonomi dan keuangan syariah kontemporer
  3. Fatwa keuangan syariah, terutama Fatwa DSN-MUI
  4. Regulasi keuangan syariah di Indonesia, seperti UU, Peraturan Menteri, Peraturan OJK, dan Peraturan BI dan regulasi lainnya yang relevan.
  5. Standar Keuangan Syariah seperti PSAK Syariah, Standar AAOIFI, Standar IFSB
  6. Sumber WEB lain yang relevan
Tujuan dari web ini adalah sebagai sarana berbagi informasi ekonomi dan keuangan syariah bagi berbagai kalangan baik akademisi maupun praktisi.

Silahkan hubungi syariahpedia.adm@gmail.com untuk keperluan :


  1. Diskusi / Tanyajawab seputar ekonomi, keuangan, bisnis, dan fiqh muamalah
  2. Kirim tulisan untuk dipublis di web ini (free)
  3. Kerjasama pemasangan iklan produk, event, lembaga, program, dll

Salam Hormat 

Redaksi