Breaking News

Ditinggal KH. Ma'ruf Amin, Ini Komposisi Baru DPS BSM, BMI, dan BNI Syariah

SYARIAHPEDIA.COM - KH. Ma'ruf Amin telah resmi menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2019 - 2024 mendampingi Presiden, Ir. H. Joko Widodo. Untuk itu beberapa jabatan yang selama diemban oleh KH. Ma'ruf Amien pun harus dilepas agar bisa konsentrasi di pemerintahan. Salah satunya adalah jabatan sebagai Dewan Pengawas Syariah (DPS) di beberapa lembaga keuangan syariah. KH. Ma'ruf Amin memang selama ini dikenal sebagai tokoh ekonomi syariah yang mengetuai Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta Dewan Syariah Nasional (DSN) - MUI. Beberapa fatwa ekonomi dan keuangan syariah yang dikelaurkan oleh DSN-MUI ditandatangani oleh KH. Ma'ruf Amin. 

foto : AR BSM 2018

Sebelum menjabat Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin tercatat sebagai Ketua DPS beberapa lembaga keuangan syariah diantaranya di Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Muamalat Indonesia (BMI) dan BNI Syariah. Di BSM, KH. Ma'ruf Amin menjabat sebagai ketua DPS dari tahun 2017. Sedang di BMI, KH. Ma'ruf Amin manjabat DPS sejak tahun 2002 dan di BNI syariah sebagai ketua DPS sejak tahun 2010.  

Kini setelah menjabat Wakil Presiden RI, jabatan DPS harus dilepas dan digantikan oleh orang lain yang memiliki kompetensi sebagai pengawas syariah di lembaga keuangan. Berdasarkan informasi yang dirilis pada website resmi bank syariah mandiri terjadi perubahan signifikan posisi DPS pada tahun 2019, pasca KH. Ma'ruf Amin ditetapkan sebagai Wakil Presiden RI. Posisi ketua DPS diamanahkan ke Dr. H. Muhammad Hidayat yang sebelumnya menjabat anggota DPS, sedang untuk anggota DPS dijabat oleh Dr. Oni Sahroni dan Dra. Hj. Siti Ma'rifah, MM, MH, MA. Sebelumnya Dr. Oni Sahroni tercatat sebagai anggota DPS BMI. 

Sedang komposisi DPS bank syariah pertama di Indonesia, BMI, juga mengalami perubahan. Melalui RUPSLB pada 16 Desember 2019, komposisi DPS yang sebelumnya dijabat tiga orang yaitu KH. Ma'ruf Amin, Dr. H. Oni Sahroni, dan Drs. H. Sholahudin Al Aiyub, kini posisi DPS hanya dijabat oleh dua orang yaitu Drs. H. Sholahudin Al Aiyub sebagai ketua dan Siti Haniatunnisa sebagai anggota. Nama terakhir merupakan anak dari KH. Ma'ruf Amin. 

BNI Syariah pun melakukan perubahan komposisi DPS, berdasarkan RUPSLB tanggal 19 Oktober 2019, posisi ketua DPS yang ditinggal KH. Ma'ruf Amin diisi oleh Dr. Hasanudin, M.Ag yang sebelumnya sudah menjabat sebagai anggota DPS, serta menganggat anggota DPS baru yaitu Ah.Azharuddin Lathif, M.Ag, M.H. 

Berikut profil DPS BSM, BMI, dan BNI Syariah yang baru ditetapkan pada akhir 2019 :

Profil DPS BSM

Dr. H. Mohamad Hidayat (Ketua)
Warga Negara Indonesia, lahir di Jakarta, 3 Mei 1967. Beliau merupakan lulusan Fakultas Syariah IAIN Jakarta tahun 1991, S-2 MBA dari IPWI Jakarta dan S-2 dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Institute at Business Law & Legal Management (IBLAM) Jakarta tahun 2003. S-3 di bidang Islamic Economic and Finance di Universitas Trisakti, Jakarta Tahun 2014. Selain menjabat sebagai Anggota Dewan Pengawas Syariah BSM, beliau menjabat sebagai Badan Pengurus Harian Dewan Syariah Nasional (BPH DSN) MUI, Dewan Pakar Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Dosen Pasca Sarjana Program PSTTI Universitas Indonesia dan Islamic Economic Finance (IEF) Universitas Trisakti. Di samping itu aktif menjadi supervisor dan advisor di beberapa institusi keuangan/ non keuangan Islam, khotib tetap Istana Presiden dan Wakil Presiden RI, juga sebagai Ketua Umum Al- Washiyyah Foundation dan penulis buku.

Dr. H. Oni Sahroni, MA (Anggota)
Warga Negara Indonesia, lahir di Serang, 26 November 1975. Beliau memperoleh gelar Sarjana Syariah Islamiah dan Master Fiqh Muqaran dari Universitas Al Azhar di Kairo pada tahun 2000 dan 2005. Beliau melanjutkan pendidikan di Universitas yang sama yang memperoleh gelar Doktor Fiqh Muqaran (Islamic Law Comparative Study) pada tahun 2009 dengan predikat Summa Cum Laude. Dr Oni Sahroni adalah akademisi Indonesia yang pertama memperoleh gelar Doktor di bidang Fiqh Muqaran. Selain menjabat sebagai Anggota Dewan Pengawas Syariah PT Bank Syariah Mandiri, beliau menjabat sebagai Tenaga Ahli Syariah pada International Shariah Research Academy for Islamic Finance di Kuala Lumpur, DPS PT BNP Paribas Investment Partners, PT Adira Dinamika Multifinance dan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, serta menjadi pengajar pada beberapa Universitas. Beliau juga merupakan anggota Dewan Syariah Nasional dan Direktur Lembaga Penelitian dan Riset di Syariah Economic and Banking Institute (SEBI)

Dra. Hj. Siti Ma'rifah, MM, MH, MA (Anggota)
Warga Negara Indonesia, hahir di Jakarta, 18 Desember 1967. Beliau merupakan lulusan Sarjana (S1) dari STAISA tahun 1990 dan UNKRIS tahun 1999 serta Pasca Sarjana (S2) dari Universitas Jagakarsa tahun 2002. Sepanjang karirnya, beliau dipercaya menduduki berbagai jabatan diantaranya Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Periode 1999-2004 dan Anggota DPS PT. Asuransi Panin Life Syariah. Bergabung dan menjabat sebagai Anggota Dewan Pengawas Syariah PT Reasuransi Nasional Indonesia sejak tahun 2013

Profil DPS BMI

Sholahudin Al-Aiyub (Ketua)
Warga negara Indonesia, lahir di Pati pada 15 Juli 1974. Meraih gelar Magister Ekonomi dan Keuangan Syariah dari Universitas Indonesia. Saat ini menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Fatwa dan Bidang Pengkajian Majelis Ulama Indonesia (MUI), Wakil Sekretaris Bidang Fatwa dan Organisasi DSN-MUI, Katib Syuriah Bidang Bahtsul Masail PBNU, Tenaga Ahli Konsultan Fikih LPPOM-MUI dan sebagai Kontributor Penulis Rubrik Halal dan Keuangan Syariah Majalah Ummi. Menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas Syariah PT Bank Muamalat Indonesia Tbk sejak diangkat pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 16 Desember 2019.

Siti Haniatunnisa  (Anggota)
Warga negara Indonesia, lahir di Jakarta pada 13 November 1984. Beliau merupakan lulusan Ahmad Ibrahim Kulliyah of Laws International Islamic University Malaysia tahun 2010 beliau melanjutkan pendidikan S2 dan telah meraih master di Fakultas Ilmu Hukum Universitas Indonesia pada tahun 2015 dan Syariah dari Institut Ilmu Quran di tahun 2016.  Sepanjang karirnya, beliau dipercaya menduduki berbagai jabatan diantaranya anggota pengurus Majelis Ulama Indonesia Pusat untuk Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (2015-2020) dan Pengurus Pleno DSN-MUI (2015-2020). Menjabat sebagai anggota Dewan Pengawas Syariah PT Bank Muamalat Indonesia Tbk sejak diangkat pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 16 Desember 2019 dan saat ini masih menunggu persetujuan dari OJK

Profil DPS BNI Syariah

Dr. Hasanudin, M.Ag Ketua
Lahir tahun 1961. Memperoleh gelar Doktor (S3) Pengkajian Islam (konsentrasi Syaria), Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (2008). Diangkat dalam RUPS Tahunan tanggal 27 April 2018 sebagai anggota Dewan Pengawas Syariah, dan ditunjuk sebagai  Ketua Dewan Pengawas Syariah dalam RUPSLB  tanggal 9 Oktober 2019.   Sebelumnya menjabat sebagai anggota Dewan Pengawas Syariah BNI Syariah (2010-2018), anggota Dewan Pengawas Syariah Unit Usaha Syariah – PT BNI (Persero), Tbk (2000-2010)

Ah.Azharuddin Lathif, M.Ag, M.H. Anggota
Lahir tahun 1974. Memperoleh gelar Magister Agama (M.Ag) Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (2000),  dan Magister Hukum (M.H.) Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta (2008). Diangkat dalam RUPSLB tanggal 9 Oktober 2019 sebagai anggota Dewan Pengawas  Syariah. Sebelumnya menjabat staff ahli Dewan Pengawas Syariah BNI Syariah (2018-2019).

Post a Comment

0 Comments