Breaking News

SYARIAHPEDIA: ENSIKLOPEDIA EKONOMI DAN KEUANGAN SYARIAH

SYARIAHPEDIA.COM, Mungkin salah satu sebab mengapa literasi keuangan syariah masih rendah adalah istilah - istilah yang digunakan pada keuangan syariah masih kurang familiar. Ya karena istilah yang digunakan banyak menggunakan kosa kata bahasa arab. Bahkan dalam salah satu kesempatan pada tahun 2015 silam, wakil presiden Bapak Jusuf Kalla pernah meminta agar istilah-istilah arab pada produk keuangan syariah di-Indonesiakan agar mudah dipahami oleh masyarakat.

Berikut ini kami sajikan definis dari Istilah - istilah ekonomi dan keuangan syariah, untuk meningkatkan literasi kita terhadap keuangan syariah. Untuk penjelasan yang lebih mendalam KLIK pada judul istilah.


A

Menurut bahasa, akad adalah Ar-rabbth (ikatan), sedangkan menurut istilah akad memiliki dua makna yaitu makna khusus dan makna umum. Makna khusus akad adalah ijab dan qabul yang melahirkan hak dan tanggungjawab terhadap objek akad (ma'qud 'alaih). Sedang makna umum akad adalah setiap perilaku yang melahirkan hak, atau mengalihkan atau mengubah atau mengakhiri hak, baik itu bersumber dari satu pihak ataupun dua pihak. Secara terminologi, Wahbah al Zuhaili mendefinisikan akad dengan : "Pertalian atau keterikatan antara ijab dan qabul sesuai dengan kehendak syariah (Allah dan Rasul-Nya) yang menimbulkan akibat hukum pada objek perikatan"


B

BANK SYARIAH
Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan/atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat. Bank Syariah adalah Bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah dan menurut jenisnya terdiri atas Bank Umum Syariah dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. (UU No.21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah)

BANK UMUM SYARIAH (BUS)
Bank Umum Syariah (BUS) merupakan salah satu jenis bank syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. 

BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS)
BPRS adalah salah satu jenis bank syariah yang dalam kegiatannya tidak dapat memberikan jasa lalu lintas pembayaran antar bank yang berbeda. Perbedaan BPRS dengan BUS dan UUS ada pada ruang lingkup kegiatan usaha, dimana BPRS lebih sempit kegiatan usahanya baik. Badan Hukum BPRS hanya diperbolehkan berbentuk Perseroan Terbatas (PT). BPRS dapat dimiliki oleh warga negara Indonesia, badan hukum, atau pemerintah daerah. BPRS termasuk ciri khas dari perbankan syariah di Indonesia, sebab tidak akan ditemukan di negara lain.



C

D

DIRE Syariah
Dana Investasi Real Estat Syariah atau yang disingkat disebut DIRE Syariah adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan pada aset Real Estat, Aset Yang Berkaitan Dengan Real Estat, dan/atau kas dan setara kas yang tidak bertentangan dengan Prinsip Syariah di Pasar Modal.

E

Efek Syariah adalah surat berharga yang (a) akad, cara pengelolaan, kegiatan usaha; (b) aset yang menjadi landasan akad, cara pengelolaan, kegiatan usaha; dan/atau (c) aset yang terkait dengan Efek dimaksud dan penerbitnya, tidak bertentangan dengan Prinsip Syariah di Pasar Modal. Efek syariah meliputi Saham Syariah, Sukuk, Reksadana Syariah, EBA Syariah, dan DIRE Syariah.

M

MUDHARABAH
Akad mudharabqh adalah akad kerja sama suatu usaha arrtara pemilik modal (malilk / shahib al-mal) yang menyediakan seluruh modal dengan pengelola ('amil/mudharib) dan keuntungan usaha dibagi di antara mereka sesuai nisbah yang disepakati dalam akad. (Fatwa DSN-MUI Nomor 115)

MUSYARAKAH
Musyarakah atau syirkah berasal dari akar kata syirkatan (mashdar/kata dasar) dan syarika (fi'il madhi/kata kerja) yang berarti mitra/sekutu/kongsi/serikat. Secara bahasa juga dapat bermakna al-ikhtilath yang berarti penggabungan atau pencampuran. Sehingga musyarakah atau syirkah dapat dimaknai sebagai akad kerjasama antara dua pihak atau lebih untuk mencapai suatu tujuan tertentu, dalam bisnis maka tujuannya adalah untuk memperoleh profit dari usaha yang dikelola bersama.

P

PEMBIAYAAN SINDIKASI SYARIAH
Pembiayaan sindikasi syariah (Al-TAMWIL Al-MASHRIFI Af-MUJAMMA ') adalah pemberian pembiayaan bersama antara sesama Bank Syariah atau antara Bank Syariah dengan bank konvensional kepada satu nasabah, yang jumlah pembiayaannya terlalu besar apabila diberikan oleh satu Bank Syariah saja. Dalam suatu perjanjian pembiayaan sindikasi, Bank Syariah dapat bertindak antara lain sebagai arranger, underwriter, agen, atau partisipan.

T

TA'WIDH 
Ta’widh (Ganti Rugi) adalah sejumlah uang atau barang yang dapat dinilai dengan uang yang dibebankan kepada seseorang atau badan karena melakukan wanprestasi.


Z

Zakat
Zakat Ditinjau dari segi bahasa, kata zakat berasal dari kata dasar (masdar) zaka yang berarti berkahtumbuhbersih, dan baik


Post a Comment

1 Comments

Terimakasih sudah berkunjung ! Semoga bermanfaat dalam menambah literasi ekonomi syariah